OJK-BI “Bitcoin Payment atau Produk_” _ Cakrawala Papua currency bitcoin

Jakarta, cakrawala papua – dilansir dari media aktual.Com bahwa pihak OJK (otoritas jasa keuangan) dan BI (bank indonesia) masih mendiskusikan tentang status mata uang digital yang belakangan ini makin terkenal di masyarakat, khususnya bitcoin. Akhir-akhir ini bitcoin makin di lirik masyarakat indonesia untuk berinvestasi karena nilai bitcoin yang terus naik

“kita masih berdiskusi. Paling tidak masyarakat harus paham apa risikonya. Industri keuangan juga, begitu memperdagangkan bitcoin, harus lapor ke kita. Sejauh mana detailnya, kita lagi banyak berdiskusi dengan BI” kata ketua dewan komisioner OJK wimboh santoso di jakarta, kamis (21/12).

Menurut wimboh, definisi bitcoin saat ini masih belum jelas apakah payment atau sebuah produk. OJK dan BI masih mengidentifikasikan hal tersebut, agar di ketahui siapa yang berwenang mengatur dan mengawasi soal bitcoin tersebut.Currency bitcoin

“memang harus kita identifikasi produknya ya, apakah produk payment system atau produk yang lain. Kalau payment berarti di bank indonesia” ujar wimboh

Sebelumnya, menteri keuangan sri mulyani indrawati berharap masyarakat tidak berspekulasi untuk berinvestasi di mata uang digital seperti bitcoin, yang sekarang mulai di lirik masyarakat sebagai sebuah produk investasi karena harganya makin tinggi, sekitar rp. 225.000.000 = 1BTC (bitcoin) saat artikel ini di ketik.

Ia mengharapkan fenomena bitcoin tersebut dapat di selesaikan oleh bank indonesia selaku bank central dan juga otoritas jasa keuangan (OJK) yang mengawasi dan mengatur segala bentuk investasi di lembaga jasa keuangan

Sri mulyani juga mengimbau masyarakat agar lebih bijak dalam memilih jenis investasi yang aman dan sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga nantinya tidak merugikan masyarakat.Currency bitcoin

“oleh karena itu, proteksi terhadap mereka yang akan menggunakan komoditas atau barang tersebut apakah sebagai investasi atau tujuan lain, harus tetap di dalam konteks keamanan dari investasi dan sesuai rambu-rambu peraturan perundang-undangan di bidang keuangan dan mata uang” ujar sri mulyani

Bank indonesia selaku regulator juga telah mengimbau masyarakat agar tidak berinvestasi dengan mata uang digital (bitcoin), namun memilih produk investasi lain yang lebih sehat dan di jamin.

Mata uang digital seperti bitcoin tidak dijamin dan merupakan investasi yang tidak diakui di indonesia saat ini. Selain itu bitcoin juga bukan merupakan alat pembayaran yang sah.

Mari kita cari tahu apa itu bitcoin?

Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh satoshi nakamoto. Nama tersebut juga di kaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunnggal di mana departemen keuangan amerika serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi .Currency bitcoin tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang yang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang bitcoin

Dilansir dari media bitcoin.Org, jika anda baru mulai terjun ke dalam bitcoin, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui. Bitcoin memungkinkan anda untuk menukar uang dengan cara digital dan online ke berbagai negara. Dengan begitu anda harus mempelajari bitcoin sebelum menggunakannya dalam transaksi apapun.Currency bitcoin bitcoin harus di amankan seperti anda mengamankan dompet anda, bahkan harus lebih berhati-hati dalam beberapa hal.

1. Mengamankan dompet bitcoin

Di dunia nyata, dompet harus di amankan agar tidak ada yg mengakses ke dompet tersebut. Bitcoin memungkinkan anda melakukan transaksi yang cepat dimana saja dan kapan saja. Fitur tersebut juga di dukung dengan keamanan yang sangat tinggi, bitcoin menyediakan keamanan yang sangat tinggi terhadap dompet bitcoin jika di gunakan dengan cara yang benar. Selalu di ingat bahwa setiap langkah-langkah keamanan wajib anda lakukan untuk mengamankan akun anda.

2. Harga bitcoin mudah berubah

Harga bitcoin dapat naik atau turun secara tak terduga selama periode waktu yang singkat karena ekonominya yang masih muda, baru, dan pasar yang tidak cair. Sebagai konsekuensi, saat ini anda tidak di sarankan menabung di bitcoin dalam jumlah yang besar dan dapat merugikan anda.Currency bitcoin jika suatu waktu anda menerima pembayaran melalui bitcoin, banyak penyedia jasa yang langsung menukarkan bitcoin ke mata uang rupiah atau yang lainnya.

3. Pembayaran bitcoin tidak dapat dibatalkan

Setiap transaksi yang di lakukan dengan bitcoin tidak dapat di batalkan, dana hanya bisa di kembalikan oleh penerima dana tersebut. Jadi jika melakukan transaksi, anda harus lebih berhati-hati dan lebih bijak untuk melakukan bisnis. Lakukan transaksi bitcoin hanya kepada orang atau organisasi yang telah memiliki reputassi baik dan terpercaya. Di sisi lain pemilik bisnis perlu mengontrol permintaan pembayaran yang di perlihatkan kepada pelanggan. Bitcoin dapat mendeteksi kesalahan ketik dan biasanya tidak mengizinkan anda untuk mengirim ke alamat bitcoin yang salah. Dan layanan tambahan bisa di buat di kemudian hari untuk memberikan lebih banyak pilihan dan pengamanan bagi konsumen.Currency bitcoin

4. Bitcoin tidak anonim

Diperlukan beberapa usaha untuk melindungi privasi anda dengan bitcoin. Semua transaksi bitcoin di simpan secara umum dan permanen pada jaringan yang berarti siapapun dapat melihat saldo dan transaksi dari alamat bitcoin siapapun. Bagaimanapun juga identitas pemilik alamat tetap di rahasiakan, baru kemudian diberitahukan saat di lakukan pembelian atau dalam situasi lainnya.

5. Transaksi instan kurang aman

Transaksi bitcoin biasanya dilaksanakan dalam beberapa detik dan akan mulai di konfirmasi dalam 10 menit berikutnya, selama waktu itu sebuah transaksi di anggap otentik tetap dapat di batalkan. Pengguna yang tidak jujur bisa berusaha curang. Jika anda tidak dapat menunggu hingga di konfirmasi, anda dapat meningkatkan keamanan dengan meminta biaya transaksi yang kecil atau menggunakan sistem pendeteksi transaksi yang tidak aman.Currency bitcoin untuk jumlah yang besar seperti 1.000 dolar AS, sebaiknya menunggu hingga 6 konfirmsi atau lebih. Setiap konfirmasi secara eksponensial memperkecil resiko pembatalan transaksi.

6. Bitcoin masih bersifat uji coba

Bitcoin adalah uji coba mata uang baru yang masih dalam pengenmbangan aktif. Meskipun seiring waktu terus bertambahnya penggunaan, bitcoin menjadi semakin matang. Perlu di ingat bahwa bitcoin adalah penemuan baru yang menjelajahi ide yang belum pernah dilakkan sebelumnya. Dengan demikian, masa depan bitcoin tidak bisa di prediksi oleh siapapun.

7. Pajak pemerintah dan peraturan-peraturan

Bitcoin bukanlah mata uang resmi. Artinya, sebagian besar negara masih meminta anda untuk membayar pajak pendapatan, penjualan, penggajian, dan pajak keuntungan modal atas apapun yang memiliki nilai termasuk bitcoin.Currency bitcoin anda memiliki tanggung jawab untuk mengikuti dan mematuhi pajak dan aturan hukum lainnya.Ataupun kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah anda dan/atau pengambil kebijakan di daerah anda.

Sumber : aktual.Com & bitcoin.Org